Two words in Winter : I do

One word... when our eyes met at the dazzling gaze
One word when you say hello...
And I remember... that was autumn when we met for the first time

One word... when my days became your days
Spend the days with laughs and the joys... and the night with share and lullaby songs
And I remember... that word is love

It was summer... when we started to learn that the meeting was not just serendipity
But if it was, then I think it was a grateful one, that God united our path
When we started to bonding our heart and binding our promise…
And I remember… we were smiling

It was spring… when I found yourself talking about the futures…
I did not realize at the first that you put me in your life plan…
No flower… no romantic candle light dinner… just like water in the river and I listened
But I remember… I was smiling
 
And finally… It is winter… when the sonata will be played…
When the children will smile and the older are capturing our moment
Yes ! it will be our moment !
With one new step… one big smile… one tear in the joy…
And the tale will be begun when we say the two words…
I do

(Written by : Ester)


Yap itu adalah puisi yang gw buat untuk cover undangan menceritakan bagaimana akhirnya tercetuslah ide menikah... Ga ada bunga, apalagi makan malam romantis, pokoknya tiba-tiba ngomongin merit aja hahha.. Pokoknya ga romantis seperti di drama korea hihiih. Banyak banget rintangannya tapi bersyukur semua dapat dilalui hingga hari ini sudah menikah +/- 10 hari hehhe. So It's time for review... hope it can help all bride-to-be for wed prep ;).

Gw akan sebutin dulu semuanya baru akan review satu per satu.

Theme                                :  Winter
Bridal                                  :  JJ Bride- Kelapa Gading, MUA by foreign
Gaun pemberkatan              :  Lupa nama tokonya, tapi di ITC mangga dua - white
Gaun resepsi                       :  by JJ bride - broken white
Bride shoes (pemberkatan)  :  Charles and Keith- pure white brokat
Bride shoes (resepsi)           :  Noche - silver :p
Prewed                               :  Indoor-outdoor (Bogor) by JJ bride-native photografer
Jas Groom (Pemberkatan)   :  by 126
Kemeja Groom (Pemberkatan)   :  Sierra Morena - white
Jas Groom (resepsi)            :  Veentlee - Roxy - all silver stone
Kemeja Groom (resepsi)     :  G2000
Shoes Groom                      :  Keeves
Venue                                 :  Gd. Wisma antara - jl.merdeka selatan
Catering                              :  Heryadis catering
Wo                                     :  Luve Wo
Undangan                           :  VB card, paket WO
Entertainment                      :  Herly' Entertainment, paket WO
Hand bouquets                    :  Pemberkatan dan resepsi, lupa namanya tapi paketan dari WO
Cake                                   :  Cesil Cake, paket dari WO
Foto/video  liputan               :  OneShot Photography, paket dari WO
Chocolate Fountain              :  Luve Wo
Souvenir                              :  Coaster/ tatakan gelas winter, by Princesswedding4u
mingle                                  :  Snowflakes bookmark, by me2u
Decoration                           :  winter theme, by Z & Z decoration, paket dari WO
Gaun mama                         :  King, ITC mangga dua - silver
Jas Papa                              :  sewa di Veentlee
Wedding car                        :  Celine
Wedding Ring                      :  Soulmate wedding ring- MAG

Oke start review the big vendors :p 

1.  JJ Bride
one word : Perfect!
Oke untuk yang tertarik menggunakan jasa bridal taiwan, perlu diingat service mereka hanya meliputi gaun wed, foto prewed (di luar uang ijin foto outdoor), dan make up. Nothing's else. Bisa seh nego dikit misalnya dapet hand bouquet atau jas tapi better ga karena kurang bagus dan pas ya menurutku. Jadi memang jasa mereka OK di ke3 itu. Kenapa JJ bride? karena setiap kali di wedding'an orang dan yang gw anggep bridenya cantik setiap kali gw tanya pasti dy pake JJ bride hehe... tapi ini selera berbanding selera. Dan menurut gw yang terpenting namanya juga BRIDAL, merujuk ke BRIDE, jadi carilah bridal yang u suka dan sreg, meskipun orang lain bilang ga ok, tapi kalau u uda sreg di bridal itu apalagi reputasinya OK, u akan lebih PeDe di hari H.
(+) ga usa disebutin, banyak bangettttttttttt... pokoknya setiap hasilnya gw puas!
(-)  UUD (Ujung2nya duit hihi) dan repotnya dy selalu minta duit cash, no card or no debit, tapi cash. Jadi pada saat pembayaran lumayan susah juga kudu ke atm ambil duit cash baru setor ke mereka.

Nah karena dari paket JJ, gw hanya dapat 1 gown, maka gw memutuskan untuk cari gaun sederhana untuk pemberkatan. Di sisi lain karena memang gereja gw hanya berbentuk rumah tipe 45 jadi sepertinya ga mungkin berekor dateng ke gereja itu. Gaunnya sederhana tapi manis, gw paduin sama bolero yang dipinjam dari JJ, it's beautiful yet very cheap! only Rp. 300k hehhe...

Nilai   :   100/100

2.  Shoes
Dari awal gw ga mau bikin meskipun sempet tergoda untuk bikin di slh 1 vendor di mangga dua. Tapi setelah gw baca reviewnya ga oke dan kebetula cici hubby memang dulu bikin dan bener kualitasnya ga oke. Dicatat: gw ga mau sepatu wedding hanya dipakai 1 x. Rugi dong beli mahal tapi hanya bisa dipakai 1x, jadi get over the blink! :).
Katanya sepatu bikinan itu empuk lho dan haknya ga oleng...
Sepatu gw dan hubby juga empuk. Dicoba dong! kalau haknya oleng dan sakit ya jangan dibeli. 
Katanya sepatu wedding itu harus putih...
Well, mitos kali yeee... pemberkatan gw memang putih dan setiap orang yang melihat pasti bilang manisssss... *like me* hihi.. tapi pada saat resepsi gw mau pake silver meskipun ga terlihat tapi gw tetep merasa fun pada saat pakai sepatu wedding berwarna silver haha.

Nilai :
Charles & keith   :  100/100
Noche                 :   100/100
Keeves               :  100/100

3.  Ventlee
Yap seperti yang sudah disinggung, JJ lebih khusus ke bridenya. Ada yang bilang kalau di JJ itu "ce itu lu model, co itu lu modal" haha, tepat ! Jadi kita ke Ventlee nego cocok, kita langsung pesan. Yang kita pesan hanya jas dan celana; sedangkan rompi dan dasi gw pikir ga akan bisa dipake lagi jadi kita ke bagian tempat penyewaan dan pilih 1 model yang ok, sedangkan kemeja mending ga disitu karena biasa aja.

Nilai   :  100/100

4.  Gd. Wisma Antara
Pertama kali lihat gedung ini memang unik, segi lima atau apa gitu dan kaya ada 2 ruangan yang sebenarnya menyatu. Full carpet dan lampu kristal dimana-mana. Harga terjangkau, lokasi strategis, bisa menampung +/- 700 orang. Tapi jujur, ini bukan gedung pilihan kami karena kami ingin gedung dengan nuansa putih, sedangkan lampu di wisma antara kuning. Gedung awal pilihan kami adalah gd. perikanan di thamrin, luasssss dan bagusss banget. Sangat cocok dengan tema winter. Tapi pada saat kita mau DP, ternyata harganya melambung sangat tinggi dan sepertinya we can't afford it, budget kita cukup terbatas sekali. Jadi kita langsung ke wisma antara dan buking. Awal wedding kita tanggal 2 Desember 2012, di wisma sudah full sangat, hanya tersisa tanggal 16 des. Setelah galau, mengingat tanggal itu sudah dempet dengan liburan tapi mau gimana lagi? Akhirnya kita memutuskan ambil 16 des itu dan senang :).

Nilai   :  100/100

5.  Heriyadis Catering
Awal kita menggunakan Fressy catering. Tapi pada saat kita coba, kita ga sreg dengan rasanya. Beberapa kali ke wedding teman, gw liat menggunakan heriyadis. gw browsing reviewnya oke. Ketika test food, rasanya sama dengan rasa yang kita coba di wedding. Keluarga pun bilang enak. Pada saat di wedding gw, sampai hari ini banyak yang bilang makanannya enak dan dengan jujur mengaku sempet antri untuk yang ke2 kali di wedding'an gw hahha. Hanya ada beberapa teman bilang ga kebagian makan, padahal saat pesta selesai masih ada yang dibungkus sekitar 35 pori. Mungkin mereka ga mau cape beberes pada saat selesai pesta ya jadi jika nanti tertarik mau pakai catering ini perlu diingatkan. Pada saat technical meeting memang gw lupa untuk ingetin. Yang gw wanti-wanti ke mereka adalah makanan harus panas dan pada saat pesta gw tanya ke teman-teman, makanan tetap hangat koq.

Menu yang gw ambil adalah : nasi goreng, soun, ayam panggang, udang gulung, baso campur, dan gado2 pengantin.
Gubukan : kambing guling, nasi panglima, laksa, soto, dan mie kangkung kalau ga salah.. haduh aga-aga lupa hehe.. total 5 gubukan.

(+)  rasa cukup enak, harga masih Rp. 45k/piring lhoo di tahun 2012 ini.
(-)  susah ketika diminta test food keluarga, dan mereka sangat cepat sekali membereskan makanan saat pesta.

Nilai : 85/100

6.  Luve WO
Awal bertemu karena teman gw menggunakan jasanya. Hmm sulit mereview WO ini karena terlalu banyak salah paham bahkan saat resepsinya ada beberapa kesalahan yang sudah dibahas tapi mereka lakukan. Over all saat pesta seh cukup rapi, banyak teman yang berkomentar pestanya dengan konsepnya dapet dan meriah. Yeah.. gw yang bikin konsep, tema, dan apa maunya gw juga. Tapi mungkin karena gw detail-freak jadi gw tau kesalahan apa saja yang dilakukan. Hasilnya, meskipun gw menggunakan jasa WO, tapi gw sendiri yang turun tangan sampe dibilang bawel kek i don't care. Beberapa kali bertemu vendor didampingi, tapi seringkali hanya gw sendiri yang bertemu dan f/u setiap vendor. But still overall, hari H cukup rapi jadi gw cukup puas. Yang terpenting pengantinnya have fun di acara itu :) 

Nilai : 75/100

7.  VB Card
Banyak yang bertanya, undangannya cukup bagus untuk harga rp. 6.5k/card, pakai vendor apa?
Gw akuin untuk kualitas ya bagus. Gw cek ga ada yang rusak semua undangan bagus. Hanya kesalahannya, dy salah menempatkan puisi yang harusnya di depan tapi malah di belakang. But it's fine. 
Tapi gw sama sekali ga rekomen. Kenapa? Karena gw harus cape ati dan ampla menghadapi vendor yang 1 ini. Vendor ini berani telepon dan bentak2 gw untuk kesalahan yang dy lakukan. Dy marah karena gw bilang ke WO, vb card menghilangkan draft yang saya kasih sehingga sy harus mengirimkan draft itu kembali. Dan VB card menelpon marah2 dan bilang sy bohong bahwa sy ga pernah mengirimkan email draft itu. Untung gw menyimpan rapi setiap draft jadi tinggal buka komputer dan gw kirim ulang. 

fyi, saat itu gw kirim draft agust, bln okt masih ga ada kabar ketika gw f/u, vb card bilang belum selesai krn ester baru kirim draft kan kemarin dan sy harus mengejar capeng lain. OK ga masalah kita ksh waktu lagi. 

akhir oct, gw f/u, dan dy bawa cetakan yang salah dan di sini lah terjadi insiden dimana dy ga mau ngaku dy menghilangkan draft yang gw kasih. Penting sekali guys untuk menyimpan setiap draft email atau percakapan dan karena gw detail-freak, sebelum gw ngomong, pasti gw selalu bawa data.

jadi undangannya dicetak kapan?
Undangan dicetak dan katanya mau dikirim, tapi ternyata kita harus ambil sendiri, itu pada tanggal 1 Des... yap wedding gw tgl 16 des. Alhasil semua undangan gw kirim lewat JNE karena tanggal itu mepet. 1 Des kita masih merapihkan dan tempel-tempel nama di undangan yang memang gw uda print dan cicil minggu-minggu kemarin. Dan yang ga kalah seru adalah, ucapan tks yang dibuat VB card belum jadi, akan dikirim. Sekitar tgl 7 Des sy SMS menanyakan, "koq belum sampai ya?"  dan VB card membalas SMS "cek sendiri aja, nie resinya bla bla"... luar biasa d!

(+) hasilnya cukup memuaskan, harga OK
(-)  panjang lagi d kalau dijelasin hehe

Nilai : 60/100

8.  Herly' Ent.
Sayangnya saat gw deal dengan marketingnya, ternyata marketing ini sedang menjadi single fighter jadi gw sempet terabaikan dan sempet gedeg juga. Baru gw tau dy jadi single fighter akhirnya gw ngerti. Marketingnya, CP :Mba Lanny, cukup ramah dan taktis. Dy juga kasih tau hal yang kita ga siapin (tentang lagu). Semalam sebelum hari H, mba Lanny info MC yang gw pilih sepertinya ga bisa MC esok hari karena mamanya masuk ICU. Tapi puji Tuhan gw tenang lho.. sama sekali ga panik. gw hanya balas SMS itu, "gpp, pasti kamu sudah siapkan MC lain kan?" dan dia bilang, "pasti kak...Nanti akan digantikan oleh Ko Herly" Pikir-pikir hmmm mungkin pemiliknya ya? hehe... well saat di pesta hanya butuh gladi resik dan ko Herly sigap sekali. Orang tua juga memuji MC nya bagus, suaranya enak, keras tapi ga ganggu.

(+)  cp-nya ramah dan baik, singer suaranya ok, dan MC sip lah
(-)  Paketnya kurang fleksibel, karena awalnya gw ga mau pake singer tapi ga bisa kurang harga hehe

Nilai : 90/100

9.  Cesil Cake 
Kita memang ga banding-banding seh dengan yang lain. Kita banding hanya dengan justin karena buat gw n hubby, yang penting tampilan cake ok d... untuk rasa ga penting dan keluarga kami memang ga suka cake. Justin ok banget rasanya, tapi kita harus upgrade dengan model yang kita mau. Model dari justin cake juga bagus bagus d... tapi ya tapi harga hehhe. Akhirnya kita memutuskan menggunakan cesil, dapet 5 tingkat dan ga usa upgrade apapun lagi. Tapi pas hari H, pas suap-suapan kue, kita baru merasakan tu koq kuenya aga asem ya rasanya? hmmm ya kita juga ga konfirmasi seh.. karena balik lagi, buat kita kue ga gitu penting dalam wedding. 

(+) harga OK, tampilan kue juga ok
(-)  harusnya dapet icing, tapi pas hr H kue dummy ku no icing; dan rasanya asem.

Nilai  :  65/100

10. OneShot Photography
Belum bisa review karena belum menerima hasil foto. 
Tapi selain vendor ini, teman gw dari SMP sangat baik, dy pun meliput wedding gw dari pemberkatan dan resepsi hehhe... :D

11. Chocolate Fountain
Awal mulanya, gw ada ide adain stand buat anak2, kaya balon dan permen yang dibagikan khusus untuk anak. Nah pada saat nego dengan luve wo, kita dapet chocolate fountain dan kita pikir lumayan deh kan lagi hot hot nya tu chocolate fountain di pesta wedding. Ternyata o ternyata, ga cuma anak, tapi orang dewasa melumat stand ini hahha... Jadi kagak tau deh anak2 dapet ga ya hmmm :D

Nilai  :  100/100

12.  PrincessWedding4U
Ini rekomen bangetttttt deh... dari harga jauh lebih murah dari vendor sejenis. Nemunya setengah mati dari browsing. Awal memang uda kepengen tatakan gelas/coaster dengan tema winter. Cari kemana2 ga ada, nemunya di sini. Yang punya baik sekali dan cantikkkk lho :p. Nah awalnya 1 set coaster ini memang isi 2. Tapi untuk menghemat budget, kita hanya mau kasih 1 coaster aja. E terakhirnya plastik gratis dan pada saat kita ambil, semua sudah rapi dimasukkin ke plastik. Wah kita bener2 ga repot sama sekali deh.

Nilai   :  120/100 *eh* hehe

13.  Metoyou souvenir
Gw kenal sama yang punya, awal gw mau disini pesen souvenir tapi winter coaster ga ada. Jadi gw hanya pesen mingle sama temen gw ini. Mingle gw snowflakes bookmark, ok dan ga ada cacat.

Nilai   :  100/100

14.  Z & Z
Deal vendor ini karena cp-nya oke deh.. bisa free hand design. Tapi setelah deal, browsing dan wow bertemu banyak artikel yang menjelaskan ini adalah charly decor dan banyak review negative. Apalagi waktu kita ke wedding yang menggunakan vendor ini koq brantakan hasil dekornya, hanya pelaminan yang oke. 
Pada saat bahas konsep, kita yang ingin menggunakan konsep winter selalu ditentang dengan alasan gd. wisma antara ga bisa tema winter karena gedungnya aja warnanya kuning. Sampai akhirnya gw ke wedding temen dan ow! dekor pelaminan yang di ajukan oleh Z & Z ini sama persis sis sis dengan pelaminan temen gw yang juga klien luve wo dan Z & Z. Gw kesel booo dan gw tlp WO gw dan bilang, "terlalu malaskah untuk mengajukan dan menggambar dekor lain? sy kecewa". Gw browsing dan gw dpt beberapa gbr bisa koq gedung yang lampu kuning dgn tema winter karena winter identik dengan putih kan... putih abu2 silver dan semua itu masuk ke warna apapun. 

Akhirnya dy gambarin lagi dan bener2 ingetin per detail. Pada saat hari H memasukkin ruangan, gw lega, kain rapi dan cukup dapet nuansa konsep yang kita mau. teman-teman pun bilang dengan ruangan segitu dekornya cukup mewarnai bagus dan dapet konsepnya.

(+)  harga OK, cp-nya bisa free hand design
(-)   perlu ditegaskan apa yang kita mau dan harapkan

Nilai : 80/100

15.  Celine wedding car
Smooth... dealnya alphard putih... tp pas foto baru ngeh kayanya vellfire kah? dunno deh hihihi.
Bersih dan supirnya ramah, tau kapan harus ngebut (read: ketika gw telattttt) hahhaha...

Nilai  :  100/100

16.   Soulmate wedding ring
Tadinya hanya mau ke toko emas biasa dan menimbang nimbang pake diamond or mata biasa. Ada yang bilang kalau mau pake diamond mending ke felice dkk karena dy akan rapi menempatkan diamond di cincinnya. Tapi ya harga kan bow :p
Akhirnya cek ke toko emas biasa dan memutuskan pake sedikitttttttttt titik diamond hehhe.. tp tnyt harganya cukup tinggi, Tadinya mau lgs deal, tp entah knp gw pikir ga ah...nanti aj

Nah kita kroscek ke felice dan swan.. frank n co? welll coret besar darling hehhe.. out of our budget. Felice hmmm menurut gw harganya ga reasonable seh muahal cincin tipis diamond nyaris ga ada, banding ke swan dgn harga yang sama kaya felice, tp cincin lebih tebel dan diamondnya lebih besar. Tp kita belum deal hehhe... sampai akhirnya sodara sodara *suara drummmm* soulmate ! yap.. gw uda sering baca nie review ttg soulmate dan pergilah ke sana. Worth it buangettttttt bgt bgt... dgn harga yang lebih murah dr swan, gw dpt tot 6 buletan kecil diamond (kecil yee jgn harap gede, tp dpt 3 diamond/cincin) dan tot cincin +/- 10 gr. Plus ada sertifikat diamond dan garansi 3x krom, tserah mau krom emas putih, gold, or rose. So worth it! untung browsing dulu. Kalau mau cek review ke weddingku bisa tu... dari capeng2 lainnya.

Jika diperhatikan beberapa vendor plusnya adalah harga ya hehe... Memang budget kita terbatas :). Tapi bisa diakali koq jika kita bikin konsepnya cukup kuat dan kudu detail. Minusny? Ya cape ati dan ampla itu tadi hehhehe... Tapi overall gw puas karena setelah pesta reviewnya positif dari teman gw, teman hubby, bahkan teman ortu banyak yang tlp ke ortu sekedar blg congrat ya, pestanya bagus deh dan makanannya enak. 
Yap! Primadona dalam wedding adalah *teng teng tenggggggggg* MAKANAN sodara sodaraaaa hahahahahahaha :p




Any question? gladly to help :)
email to esterlita.wijaya@gmail.com

Cheers,
Ester




4 comments:

  1. Haiii ester....lam kenal
    happy wedding yaa

    wah bagus banget hasil prewednya, boleh share ndk yaa paket mu di jj bride? dapat harga paket brp sist?
    untuk cincin kawin di soulmate it kan pada banyak yang pake yaa...range harganya berapa yaa?
    makasi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Mir,
      Minta email ya.. nanti aq kirim email ke km share paketnya :)

      Delete
  2. Halo sista.. Salam kenal yah..
    Mau tanya dong soal soulmate hehehe lokasi n cp nya n kalo blh tau kena brp tuh? Soalna budget jg minim hehehe
    Thanks before

    ReplyDelete
  3. just curious...
    :)
    vendor foto nya yg jadi bahasan di weddingku bkn yah??

    ReplyDelete